Miliarder Paling Dermawan Tahun 2019

Tahun ini, diketahui banyak miliarder dunia yang melakukan sebuah donasi secara besar-besaran. Bahkan, dua dari miliarder dunia yang telah mendonasikan uangnya. Bahkan lebih dari 1 miliar dollar AS. Sementara itu juga belasan miliarder lain yang juga merupakan anggota dari Three Comma Club dimana mereka membuat sebuah perjanjian untuk berdonasi lebih dari ratusan juta dollar AS. Beberapa institusi, seperti halnya California Institute of Technology, yang juga menjadi penerima terbesar dari para donasi yang telah dilakukan oleh para miliarder tersebut. Seperti yang juga dikutip dari majalah Forbes, yaitu delapan dari 10 donasi terbesar yang telah diberikan langsung untuk sebuah organisasi non profit, juga untuk institusi pendidikan yang ada.

Miliarder Paling Dermawan Tahun 2019

Sementara untuk dua yang lain, Di Amerika Serikat sendiri yayasan judi bola online untuk donasi diwajibkan untuk menyalurkan 5 persen dari aset yang telah mereka miliki, dan kebanyakan dari mereka yang juga ikut menyalurkan di dalam kisaran dan jumlah tersebut. Sehingga diketahui jika banyak donasi di yayasan yang umumnya mengendap bertahun-tahun, sebelum pada akhirnya terdistribusikan. Berikut ini adalah daftar donasi terbesar yang dilakukan oleh miliarder dunia sepanjang tahun 2019. Selain mereka yang dikenal dengan kekayaan, mereka juga dikenal dengan kedermawanan mereka.

Azim Premji

Azim Premji adalah pendiri dari salah satu perusahaan teknologi terbesar yang ada di dunia. Perusahaan tersebut merupakan donatur terbesar dalam acara amal tahun 2019. Dirinya yang berhasil untuk menyumbangkan uangnya yaitu sekitar 7,6 miliar dollar AS, semua itu total dari saham di perusahaannya Wipro Limited kepada yayasan The Azim Premji foundation. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, yayasan tersebut berfokus pada gerakan pendidikan. Sebelum bergerak di dalam bidang teknologi, Premji yang juga telah mengambil alih pimpinan perusahaan dari minyak goreng milik orang tuanya yaitu pada tahun 1966. Perusahan tersebut juga secara berkala berubah menjadi sebuah perusahaan perangkat lunak, dan kemudian pada tahun 2019 ini mencetak sebuah laba hingga 8,5 miliar dollar AS.

Warren Buffet

Setiap tahun pastinya Buffet yang akan menyumbangkan miliaran dollar AS dari saham yang ia miliki di perusahaan Berkshire Hathaway untuk keperluan donasi. Tahun kemarin, tepatnya di bulan Juli, pria yang memiliki sebutan Peramal dari Omaha atau (Oracle of Omaha) ini dirinya yang berhasil berdonasi dengan nilai saham yaitu setara dengan 3,6 miliar dollar AS untuk yayasan Bill and Melinda Gates Foundation. Susan Thompson Buffett Foundation merupakan sebuah yayasan yang didirikan oleh ketiga anaknya, yaitu Sherwood Foundation, Howard G. Buffett Foundation, dan juga NoVo Foundation. Forbes pun yang memperkirakan, jika setidaknya donasi yang telah disalurkan oleh keluarga Buffet seumur hidupnya yaitu mencapai 38 miliar dollar.

Stewart dan Lynda Resnick

September lalu dimana mereka berdua telah menandatangani sebuah perjanjian untuk melakukan donasi, jumlahnya adalah 750 juta dollar AS. Jumlah tersebut yang diberikan kepada California Institute of Technology. Yaitu guna untuk mendanai riset mengenai perubahan iklim yang terjadi. Keluarga Resnick yang juga telah diperkirakan memiliki kekayaan yaitu senilai 9 miliar dollar AS, dan juga merupakan produsen terbesar kacang-kacangan di dunia seperti almond dan juga kacanf pistachio melalui perusahaannya yaitu Wonderful Co yang juga memiliki merek dagang seperti halnya POM Wonderful, Fiji Water, dan juga jeruk mandarin Halo.

T Denny Sanford

Sanford dirinya diketahui berhasil memberikan donasi yaitu senilai 350 juta dollar AS. Donasi tersebut diberikan untuk University National San Diego. Universitas ini yang kemudian berganti nama menjadi Sanford National University. Sebelumnya, Sanford yang juga telah mendonasikan uangnya yaitu sebesar 150 juta dollar AS untuk universitas tersebut. Kampus yang non profit tersebut khusus untuk pelajar dewasa dan kampus tersebut memang menyediakan layanan belajar untuk mereka yang juga telah berkeluarga, bekerja atau mereka yang seorang veteran. Seumur hidupnya, Sanford yang juga telah diperkirakan telah berdonasi yaitu senilai 2 miliar dollar AS. Sebagian besar donasinya tersebut juga disalurkan di bidang kesehatan dan juga dalam bidang pendidikan.

Phillip Terry Ragon dan Susan Ragon

Mereka yang berjanji untuk melakukan donasi yaitu senilai 200 juta dollar AS untuk mendanai Massachusetts General Hospital. Pendanaan tersebut yang nantinya akan dilakukan untuk riset vaksin. Ragon yang membangun kekayaannya yaitu hingga senilai 2,6 miliar dollar AS melalui sebuah perusahaan perangkat lunak yaitu InterSystems. Perusahaan ini yang juga akan membantu rumah sakit dan bank menganalisis sebuah data besar.

Stephen Schwarzman

Keduanya yang diketahui menyumbangkan hartanya yaitu senilai 188 juta dollar AS ke Universitas Oxford. Donasi yang diberikan kepada kampus bergengsi yang ada di Inggris tersebut, merupakan sebuah dana yang diberikan dan jumlahnya cukup besar untuk donatur perorangan sejak era Reinessance. Donasi ini nantinya akan dipakai untuk mendanai pusat studi Schwarzman Center, yang saat itu akan bergerak di dalam bidang kemanusiaan dan juga di dalam bidang filsafat, juga untuk membentuk sebuah pusat studi untuk etika yang ada di dalam kampus AI di Oxford.

Keluarga Jon M. Huntsman

November 2019 , keluarga miliarder dan juga mantan produsen dari bahan kimia, telah menjanjikan uang yaitu yang akan di donasikan yaitu 150 juta dollar AS untuk mendanai penelitian dan juga sebuah layanan kesehatan mental untuk mahasiswa di University of Utah. Selain itu, layanan kesehatan mental tersebut yang juga ditujukan untuk penduduk yang berada di wilayah pedesaan Utah.

Hansjoerg Wyss

Miliarder dari alat medis Swiss ini juga turut menyumbangkan kekayaannya yaitu sebanyak 131 juta dollar AS kepada Harvard pada bulan Juni 2019. Hadiahnya yang di donasikan untuk mendukung Institut Wyss untuk menjalankan Rekayasa Biologis yang Terinspirasi dari Harvard, yang saat itu diciptakan pada tahun 2009. Setelah dirinya berhasil menyumbangkan 125 juta dollar AS yang ada di awal untuk memulai program. Pada bulan Oktober 2018, Wyss yang mengumumkan di New York Times bahwa dia yang nantinya juga akan berencana untuk menyumbangkan uangnya yaitu sebesar 1 miliar dollar AS selama satu dekade untuk dapat mempercepat sebuah konservasi daratan juga lautan.

Kenneth Griffin

Pendiri dari hedge fund Citadel sekaligus juga termasuk ke dalam pria terkaya di Chicago. Dirinya yang berhasil menyumbangkan kekayaannya yaitu sebesar 125 juta dollar AS kepada Museum Sains dan juga kepada Industri di Chicago. Donasi tersebut adalah donasi terbesar yang diterima oleh museum tersebut sejak dibuka yaitu pada tahun 1933. Museum ini nantinya akan berganti nama menjadi Museum Sains dan juga Industri Kenneth C. Griffin. Saat ini museum ini sendiri telah diperkirakan memiliki kekayaan Griffin yaitu mencapai 13 miliar dollar AS. 10. Sandy dan juga Joan Weill November lalu mereka juga telah mengumumkan dan juga berjanji untuk berdonasi senilai 109 juta dollar AS. Untuk keperluan penelitian perawatan penyakit otak seperti Alzheimer pada UC San Francisco.

Demikian itulah beberapa miliarder yang terkenal dengan kekayaannya dan juga kedermawanannya. Beberapa miliarder tersebut menyumbangkan kekayaannya untuk kegiatan amal yang membantu bidang pendidikan, bidang kesehatan dan juga mendukung beberapa penelitian.

Theme: Overlay by Kaira Extra Text
Cape Town, South Africa